Bagaimana Cara Belajar SEO Untuk Pemula?

Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara yang digunakan agar website sobat dapat secara maksimal muncul dalam pencarian atau sederhananya mengoptimasi website sobat. Apa itu SEO ? Kenapa sobat harus menggunakan SEO? Bagaimana cara menaikkan SEO website? Fungsi utama dari SEO sebenarnya digunakan sebagai suatu sistem penilaian yang digunakan untuk melihat apakah situs milik sobat cukup layak muncul dalam suatu website. SEO bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan serta ada beberapa teknik SEO blog. Apakah sobat ingin tahu?



Cara meningkatkan website di google melalui cara SEO ini selain dapat sobat lakukan sendiri sebenarnya juga dapat menggunakan layanan penyedia jasa. Biasanya ada penyedia layanan jasa yang selain menyediakan layanan SEO juga menyediakan layanan web hosting murah unlimited.  Kenapa sobat memerlukannya? Karena web hosting juga berperan menyediakan lahan untuk sobat guna mengoptimalkan SEO.

Apabila sobat merasa memiliki konten yang cukup menarik namun ternyata pengunjung situs sobat masih sangat sedikit itu artinya sebenarnya konten sobat belum begitu menarik. Untuk itu sobat dapat mengetahui berbagai tips seo untuk blogger agar pengunjung situs sobat tetap betah membaca konten milik sobat. Dalam SEO akan dikenal SEO Traffic dan apakah itu SEO traffic? SEO traffic sendiri terdiri atas 3 tipe. Yang pertama tentang kualitas traffic, dalam suatu bisnis maka banyaknya pengunjung ini memiliki arti positif yakni banyaknya calon pembeli dan ini dapat ditunjukkan melalui kualitas trafik yang sobat miliki. Bahkan penyedia hosting gratis terbaik dapat menganalisa trafik ini tentunya analisa akan didasarkan pada jenis serta tujuan bisnis sobat. Tetapi jika sobat sudah mencapai 5% itu artinya sudah cukup bagus trafik yang sobat miliki. Trafik ini juga menunjukkan sebagai orang yang mencari produk sesuai yang sobat pasarkan, misalnya sobat menjual produk android tentunya pasar produk sobat bukanlah orang yang ingin membeli buah,

Jenis trafik selanjutnya adalah quantity traffic atau berdasarkan jumlah. Kuantitas trafik dilihat melalui banyak sedikitnya pengunjung yang mengakses situs ada. Selain itu dilihat juga melalui jumlah pengunjung situs, lama waktu kunjungan serta page view situs milik sobat. Apabila situs sobat berbasis wordpress tentu sobat dapat memilih hosting terbaik untuk wordpress agar bisa memberi saran terhadap  kualitas dan kuantitas traffic situs yang sobat miliki. Proses penghitungan untuk kuantitas website dapat dilihat melalui mesin otomatis yang disebut juga sebagai contoh Google Analytics serta StatCounter. Kedua aplikasi ini dapat sobat pilih guna menganalisa trafik situs yang sobat miliki.

Trafik terakhir disebut juga organik trafik atau trafik yang tidak berbayar dan jenis ini sangat disukai oleh hampir sebagian besar pemilik situs. Tentunya karena gratis, trafik organik dianggap mampu mendatangkan pengunjung situs lebih banyak. Contoh trafik organik yakni pengunjung yang menuliskan kata pencarian lalu mengarahkannya ke situs yang sobat miliki. Walaupun ini cukup mudah namun sebenarnya persaingannya cukup ketat antar situs. sobat harus sangat ahli dalam menerapkan SEO agar mendapatkan pengunjung yang banyak namun tetap tepat sasaran.

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja SEO?




Jika sobat memilih layanan daftar web hosting gratis sobat bisa langsung mendapatkan SEO tanpa harus belajar dengan amat rumit. Manfaat yang dapat sobat peroleh dengan menerapkan SEO sangat banyak, sobat bisa mendapatkan sumber informasi yang cukup relevan, serta SEO juga mampu menjadikan mesin pencari sebagai tempat pencarian yang sobatl, SEO juga mampu mendatangkan lebih banyak trafik organik sehingga pengunjungnya juga lebih banyak yang artinya calon pembeli sobat juga lebih banyak.

Web hosting indonesia murah sebenarnya semua memiliki cara kerja yang sama terhadap SEO. Saat mesin pencarian mendapatkan kata kunci yang diinginkan pengunjung. Maka mesin pencarian akan memulai dengan proses crawling yang artinya mesin ini mulai mencari dan mengumpulkan informasi dari semua website yang ada, dari satu page ke page lainnya serta dari link satu ke link lain. Setelah selesai mesin pencarian akan mulai melakukan proses indexing merupakan proses dimana website menyimpan data di list nya yang kemudian akan disebut sebagai index. Setelah itu proses ranking akan dimulai, proses ini merupakan proses penyusunan peringkat terhadap hasil pencarian.

Apa Saja Indikator Utama SEO Yang Harus sobat Ketahui?



SEO dapat berubah secara berkala tergantung perubahan yang dilakukan oleh algoritma google. Namun, yang paling mendasar biasanya :

1. Struktur URL, 
Sebaiknya jika sobat memiliki situs sobat harus memilih URL yang sederhana serta mudah dicari. Lebih disarankan lagi jika URL sobat hanya berisi nama domain serta judul artikel saja. Itu sudah sangat cukup.
2. Perhatikan penggunaan SSL / TLS. 
Kenapa sobat harus menggunakan ini? Karena tujuan SSL dan TLS berfungsi untuk mengenkripsi berbagai transfer data yang terjadi dalam website. Sehingga data milik sobat dipastikan lebih aman. Jika sobat tidak menggunakan SSL/TLS maka google akan mensobati bahwa situs sobat tidak aman dan tidak akan disarankan dalam mesin pencarian. sobat bisa mengetahui apakah situs sobat sudah terenkripsi SSL dan TLS dengan melihat apakah website sobat diawali dengan http atau https. Jika website sobat sudah menggunakan SSL/TLS maka situs sobat akan dimulai dengan https begitu pula sebaliknya. Jika sobat menggunakan fasilitas cloud hosting indonesia terbaik sobat tidak perlu bingung lagi tentang hal ini dan sobat sudah terima hasil jadi saja.
3. Topik Utama
Topik konten yang sobat miliki harus memiliki topik utama dan tetap harus saling berhubungan karena ini bertujuan agar struktur situs sobat menjadi baik. Setelah sobat memiliki topik utama, maka sobat juga harus membuat konten lain tentang topik tersebut agar saling berhubungan. Contohnya, jika sobat memiliki situs tentang travelling maka sobat dapat membuat konten lain tentang tempat penginapan serta rekomendasi kuliner yang sobat berikan. Kedua topik tersebut sangat berhubungan dengan topik utama situs sobat sebagai situs travelling. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak konten yang sobat miliki tentang topik tertentu dan saling berhubungan maka website sobat akan makin mudah ditemukan dalam mesin pencarian.
4. Meta Tags
Meta Tags sendiri terdiri atas title tag dan meta description yang berfungsi untuk membantu google lebih mudah memahami konten pada sebuah halaman situs. Title tag merupakan judul artikel yang sobat miliki dan muncul di hasil pencarian. Judul ini tidak boleh terlalu panjang karena google sudah memiliki aturan tentang hal ini. Selanjutnya adalah meta description yang merupakan rangkuman isi konten dalam situs sobat. Biasanya rangkuman ini terdiri dari 120 hingga 130 karakter.
5. Backlink
Backlink sampai saat ini masih menjadi indikator utama SEO. Makin banyak backlink yang mengarah ke situs sobat otomatis membuat google menganggap bahwa situs sobat memang cukup kredibel.

2 Responses to "Bagaimana Cara Belajar SEO Untuk Pemula?"

  1. Ultimately, a problem that I'm passionate about. I have looked for data of this caliber for the previous various hours. Your site is greatly appreciated. webflow designer

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel