Upaya optimasi SEO on page

SEO atau Search Engine Optimization atau optimalisasi mesin pencari atau mesin penelusur seperti google, yahoo atau bing dan lain sebagainya. Upaya optimalisasi ini perlu dilakukan agar laman atau page website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Dengan demikian maka rangkingnya tinggi dan mendapat banyak dan tinggi pengunjung atau visitor. Dengan banyaknya pengunjung situs maka tingkat tarif pasang iklan di laman web akan jadi lebih efektif dan meningkat naik tarifnya, juga pengunjung atau visitor yang banyak tersebut adalah calon pembeli yang potensial. Berikut ini adalah beberapa upaya optimasi SEO on page, sebagai cara meningkatkan traffic website. Terdapat dua jenis langkah atau upaya, yakni SEO on page dan SEO off page.


Perbedaan SEO on page dan SEO off page

SEO on page dilakukan langsung pada laman atau page web nya, seperti perbaikan konten yang dimuat di dalam laman webnya dan juga komposisi layout tampilan laman webnya, dan lain sebagainya. Sedangkan SEO off page dilakukan secara tidak langsung  yakni dengan cara tidak di dalam atau di luar laman web, yakni seperti upaya backlink atau share di media sosial dan lain sebagainya, yang juga turut mempengaruhi ranking website di mesin pencarian.

Beberapa Cara SEO on Page

Beberapa cara optimasi SEO on page itu antara lain ialah sebagai berikut.

Perbaikan Permalink

Kadang permalink terlalu panjang sehingga menjadi kurang efektif dan sulit dikenali oleh mesin pencari. Contohnya seperti permalink www.namawebsitenya.com/jual-cincin-kawin yakni dengan susunan nama web lalu langsung diikuti dengan keywordnya. Tapi kadang secara otomatis permalink menjadi www.namawebsitenya.com/2020/3/jual-cincin-kawin sehingga harus diubah supaya menjadi lebih singkat langsung terkait pada keywordnya.

Perbaikan Konten

Konten-konten yang kurang efektif mendapat kunjungan, bisa diupdate dan diperbaiki hingga bisa lebih banyak mendapat klik pengunjung  karena keywordnya sudah benar dari hasil riset. Namun bisa saja hasil riset akan berubah seiring dengan perubahan waktu, kalau ini yang terjadi bisa dilakukan penambahan artikel atau konten dengan topik keyword yang baru untuk menambah isi laman atau page agar lebih lengkap. Namun konten lama bisa diperbaiki, bisa dengan menambah panjang artikelnya, karena idelanya panjang artikel itu adalah sekitar 2000 kata, jika kurang maka google akan menganggap artikel tersebut kurang memadai dan belum bisa memberi penjelasan yang cukup lengkap, sehingga akan membuat rangking web menjadi turun atau sulit naik. Judul juga bisa direvisi sehingga menjadi lebih menarik  karena 8 dari 10 orang cenderung melihat judul dulu baru klik artikelnya.

Konten yang sudah ada ataupun yang baru bisa dilengkapi dengan foto ataupun klip video agar bisa lebih menarik, dan lain sebagainya, masih banyak lagi upaya SEO on page yang masih bisa ditempuh.

0 Response to "Upaya optimasi SEO on page"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel