Pengertian Linux, Kekurangan dan Kelebihan

linux adalah keluarga sistem operasi mirip Unix berbasis open source pada kernel Linux, kernel sistem operasi pertama kali dirilis pada 17 September 1991, oleh Linus Torvalds.  Linux biasanya dikemas dalam distribusi Linux.


Distribusi mencakup kernel Linux dan perangkat lunak serta perpustakaan sistem pendukung, banyak di antaranya disediakan oleh Proyek GNU. Banyak distribusi Linux menggunakan kata "Linux" dalam namanya, tetapi Free Software Foundation menggunakan nama GNU / Linux untuk menekankan pentingnya perangkat lunak GNU, sehingga menimbulkan beberapa kontroversi.

Distribusi Linux populer termasuk Debian, Fedora, dan Ubuntu. Distribusi komersial termasuk Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux Enterprise Server. Distribusi Linux Desktop termasuk sistem windowing seperti X11 atau Wayland, dan lingkungan desktop seperti GNOME atau KDE Plasma. Distribusi yang ditujukan untuk server dapat menghilangkan grafik sama sekali, atau menyertakan tumpukan solusi seperti LAMP. Karena Linux dapat didistribusikan ulang secara bebas, siapa pun dapat membuat distribusi untuk tujuan apa pun.

Linux pada awalnya dikembangkan untuk komputer pribadi berdasarkan arsitektur Intel x86, tetapi sejak itu porting ke lebih banyak platform daripada sistem operasi lain. Linux adalah sistem operasi terkemuka di server dan sistem besi besar lainnya seperti komputer mainframe, dan satu-satunya OS yang digunakan pada superkomputer TOP500 (sejak November 2017, setelah secara bertahap menghilangkan semua pesaing).  Ini digunakan oleh sekitar 2,3 persen komputer desktop. Chromebook, yang menjalankan Chrome OS berbasis kernel Linux, mendominasi pasar pendidikan K-12 AS dan mewakili hampir 20 persen dari penjualan notebook di bawah $ 300 di AS.

Linux juga berjalan pada sistem tertanam, yaitu perangkat yang sistem operasinya biasanya dibangun di dalam firmware dan sangat disesuaikan dengan sistem. Ini termasuk router, kontrol otomatisasi, televisi, perekam video digital, konsol gim video, dan jam tangan pintar. Banyak ponsel pintar dan komputer tablet menjalankan Android dan turunan Linux lainnya. Karena dominasi Android pada smartphone, Linux memiliki basis terinstal terbesar dari semua sistem operasi serba guna.

Linux adalah salah satu contoh paling terkenal dari kolaborasi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Kode sumber dapat digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan — secara komersial atau non-komersial — oleh siapa pun di bawah ketentuan lisensi masing-masing, seperti Lisensi Publik Umum GNU.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Linux
Kelebihan Linux

  • Bersifat Open Source
  • Freeware (Gratis)
  • Lebih ringan dari sistem operasi Jendela
  • Mudah dalam kostumisasi tampilan / tema
  • Dapat mengganti-ganti Desktop Environment
  • Mendukung software untuk pemerograman dan development
  • Lebih tahan kepada virus karena port pada Linux biasanya tertutup
  • Jarang ngeheng karena linux lebih stabil dan ringan
  • Memiliki banyak distro pilihan


Kekurangan Linux

  • Sedikit game / permainan
  • Kurangnya dukungan hardware dan driver
  • Installasi tergolong lumayan sulit dibanding windows

0 Response to "Pengertian Linux, Kekurangan dan Kelebihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel