Keuntungan Teknologi Informasi

Apa itu Teknologi Informasi?

Teknologi informasi adalah penggunaan dan aplikasi sistem komputer untuk memproses, mengelola, dan mendistribusikan informasi. Penggunaan TI dalam konteks ini melibatkan komponen perangkat keras dan perangkat lunak.



Beberapa keunggulan utama Teknologi Informasi di berbagai bidang tercantum di bawah ini:

Kecepatan dan Ketepatan dalam Memproses informasi

Dengan penggunaan TI, lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan oleh individu, bisnis, layanan, dan organisasi pemerintah. Program peningkatan fungsi seperti pengolah kata, program basis data, dan spreadsheet dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat dengan peningkatan akurasi dan efisiensi.

Interaksi Sosial Global

TI telah membuat interaksi sosial dan budaya global menjadi sangat sederhana. Ini terbukti dengan kemunculan dan kesuksesan situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Terlebih lagi, penggunaan teknologi informasi telah menghilangkan hambatan bahasa dengan teknologi seperti penerjemah bahasa.

Hiburan

Pengenalan dan penggunaan aplikasi teknologi tinggi dan gadget seperti iTunes, iPod dan iPone sangat revolusioner. Mengunduh, membeli, memainkan, dan mengatur, musik, video, film, dan acara TV telah dibuat sangat mudah dan dapat diakses. Kemajuan teknologi informasi yang gagah melalui sejarah menempatkan dunia dalam genggaman Anda dengan teknologi seperti iPad dan Amazon Kindle.

Komunikasi

Efek teknologi informasi pada komunikasi universal sangat fenomenal. Telekomunikasi telah melampaui penggunaan teknologi dasar. Dengan kemajuan Internet dan teknologi seperti VoIP (Voice over IP), organisasi, bisnis, dan individu dapat berkomunikasi kapan saja dari berbagai belahan dunia melalui panggilan video dan suara, konferensi web, seminar, dan rapat virtual.

Kemajuan Ekonomi

Sebuah langkah besar menuju kemajuan ekonomi global adalah menghilangkan hambatan jarak dan waktu yang ditimbulkan oleh penerapan teknologi informasi untuk membeli dan menjual barang dan jasa (e-commerce). E-commerce memberi ruang bagi pemain bisnis kecil, kecil dan besar untuk muncul. Interkoneksi bisnis dibuat tanpa rasa sakit. Ribuan bisnis dan perusahaan lokal, nasional dan internasional sekarang memiliki apa yang disebut sebagai 'kehadiran web' dan sekarang dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

pendidikan

Pendidikan telah jauh melampaui penggunaan batu bata dan ruang kelas fana atau papan tulis tradisional. Dunia sekarang berada di era e-learning, menggunakan teknologi seperti VLEs (Virtual Learning Environments). Siswa dapat memiliki akses ke semua bahan ajar dan sumber daya online; terlibat dalam ruang kelas virtual secara real time atau asinkron.

Kesehatan

Penggunaan TI telah menyebabkan peningkatan keseluruhan dalam kualitas, keamanan dan efisiensi dalam sistem pemberian layanan kesehatan. Sektor perawatan kesehatan dipengaruhi secara positif oleh penggunaan catatan kesehatan elektronik, teknologi tim layanan kesehatan virtual, telemedicine, jaringan e-health dan berbagai sistem informasi perawatan kesehatan spesialis.

Teknologi informasi telah membawa perubahan fenomenal ke semua aspek kehidupan. Dampak positifnya bersifat global dan perubahannya terus tumbuh secara eksponensial. Namun, kerugiannya tidak bisa diabaikan. Ancaman utama yang ditimbulkan oleh TI adalah keamanan dan pengurangan drastis dalam privasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel