Dampak Teknologi Informasi pada Masyarakat di Abad Baru

Dalam beberapa dekade terakhir telah terjadi revolusi dalam komputasi dan komunikasi, dan semua indikasi adalah bahwa kemajuan teknologi dan penggunaan teknologi informasi akan berlanjut dengan cepat. Mendampingi dan mendukung peningkatan dramatis dalam kekuatan dan penggunaan teknologi informasi baru telah menjadi biaya komunikasi yang menurun sebagai akibat dari peningkatan teknologi dan meningkatnya persaingan. Menurut hukum Moore, kekuatan pemrosesan microchip berlipat ganda setiap 18 bulan. Kemajuan ini menghadirkan banyak peluang penting tetapi juga menimbulkan tantangan besar. Saat ini, inovasi dalam teknologi informasi memiliki efek yang luas di berbagai domain masyarakat, dan pembuat kebijakan bertindak atas masalah yang melibatkan produktivitas ekonomi, hak kekayaan intelektual, perlindungan privasi, dan keterjangkauan dan akses ke informasi. Pilihan yang dibuat sekarang akan memiliki konsekuensi jangka panjang, dan perhatian harus diberikan pada dampak sosial dan ekonomi mereka.



Salah satu hasil paling signifikan dari kemajuan teknologi informasi adalah perdagangan elektronik melalui Internet, cara baru dalam menjalankan bisnis. Meskipun baru berusia beberapa tahun, ia dapat secara radikal mengubah kegiatan ekonomi dan lingkungan sosial. Sudah, itu mempengaruhi sektor-sektor besar seperti komunikasi, keuangan dan perdagangan ritel dan mungkin berkembang ke bidang-bidang seperti pendidikan dan layanan kesehatan. Ini menyiratkan penerapan mulus teknologi informasi dan komunikasi di sepanjang rantai nilai seluruh bisnis yang dilakukan secara elektronik.

Dampak teknologi informasi dan perdagangan elektronik pada model bisnis, perdagangan, struktur pasar, tempat kerja, pasar tenaga kerja, pendidikan, kehidupan pribadi dan masyarakat secara keseluruhan.

1. Model Bisnis, Perdagangan dan Struktur Pasar

Salah satu cara penting di mana teknologi informasi mempengaruhi pekerjaan adalah dengan mengurangi pentingnya jarak. Di banyak industri, distribusi pekerjaan secara geografis berubah secara signifikan. Misalnya, beberapa perusahaan perangkat lunak telah menemukan bahwa mereka dapat mengatasi pasar lokal yang ketat untuk insinyur perangkat lunak dengan mengirimkan proyek ke India atau negara lain di mana upahnya jauh lebih rendah. Selain itu, pengaturan semacam itu dapat memanfaatkan perbedaan waktu sehingga proyek-proyek penting dapat dikerjakan hampir sepanjang waktu. Perusahaan dapat melakukan outsourcing manufaktur mereka ke negara lain dan mengandalkan telekomunikasi untuk menjaga pemasaran, R&D, dan tim distribusi tetap berhubungan dengan kelompok manufaktur. Dengan demikian teknologi dapat memungkinkan pembagian kerja yang lebih baik di antara negara-negara, yang pada gilirannya mempengaruhi permintaan relatif untuk berbagai keterampilan di setiap negara. Teknologi ini memungkinkan berbagai jenis pekerjaan dan pekerjaan dipisahkan satu sama lain. Perusahaan memiliki kebebasan yang lebih besar untuk menemukan aktivitas ekonomi mereka, menciptakan persaingan yang lebih besar di antara wilayah dalam infrastruktur, tenaga kerja, modal, dan pasar sumber daya lainnya. Ini juga membuka pintu bagi arbitrase pengaturan: perusahaan dapat semakin memilih otoritas pajak dan regulasi lainnya yang berlaku.

Komputer dan teknologi komunikasi juga mempromosikan lebih banyak bentuk produksi dan distribusi yang mirip pasar. Infrastruktur komputasi dan teknologi komunikasi, menyediakan akses 24 jam dengan biaya rendah ke hampir semua jenis harga dan informasi produk yang diinginkan oleh pembeli, akan mengurangi hambatan informasi untuk operasi pasar yang efisien. Infrastruktur ini mungkin juga menyediakan sarana untuk melakukan transaksi real-time dan membuat perantara seperti panitera penjualan, pialang saham dan agen perjalanan, yang fungsinya untuk menyediakan tautan informasi penting antara pembeli dan penjual, mubazir. Penghapusan perantara akan mengurangi biaya dalam rantai nilai produksi dan distribusi. Teknologi informasi telah memfasilitasi evolusi peningkatan pesanan melalui surat, di mana barang dapat dipesan dengan cepat dengan menggunakan telepon atau jaringan komputer dan kemudian dikirim oleh pemasok melalui perusahaan transportasi terintegrasi yang sangat bergantung pada komputer dan teknologi komunikasi untuk mengendalikan operasi mereka. Barang-barang nonfisik, seperti perangkat lunak, dapat dikirimkan secara elektronik, menghilangkan seluruh saluran transportasi. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara baru. Hasilnya adalah disintermediasi di seluruh saluran distribusi, dengan pengurangan biaya, harga konsumen akhir yang lebih rendah, dan margin keuntungan yang lebih tinggi. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara baru. Hasilnya adalah disintermediasi di seluruh saluran distribusi, dengan pengurangan biaya, harga konsumen akhir yang lebih rendah, dan margin keuntungan yang lebih tinggi. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara baru. Hasilnya adalah disintermediasi di seluruh saluran distribusi, dengan pengurangan biaya, harga konsumen akhir yang lebih rendah, dan margin keuntungan yang lebih tinggi.

Dampak teknologi informasi pada struktur biaya perusahaan dapat digambarkan dengan baik pada contoh perdagangan elektronik. Bidang-bidang utama pengurangan biaya ketika melakukan penjualan melalui perdagangan elektronik daripada di toko tradisional melibatkan pendirian fisik, penempatan dan pelaksanaan pesanan, dukungan pelanggan, kuat, persediaan barang, dan distribusi. Meskipun membuat dan memelihara situs web e-commerce mungkin mahal, tentu lebih murah untuk mempertahankan etalase seperti itu daripada yang fisik karena selalu terbuka, dapat diakses oleh jutaan orang di seluruh dunia, dan memiliki sedikit biaya variabel, sehingga dapat ditingkatkan untuk memenuhi permintaan. Dengan mempertahankan satu 'toko' alih-alih beberapa, biaya persediaan rangkap dihilangkan. Tambahan, e-commerce sangat efektif dalam mengurangi biaya menarik pelanggan baru, karena periklanan biasanya lebih murah daripada media lain dan lebih bertarget. Selain itu, antarmuka elektronik memungkinkan pedagang e-commerce untuk memeriksa bahwa suatu pesanan konsisten secara internal dan bahwa pesanan, penerimaan, dan faktur cocok. Melalui e-commerce, perusahaan dapat memindahkan banyak dukungan pelanggan mereka secara on-line sehingga pelanggan dapat mengakses database atau manual secara langsung. Ini secara signifikan memangkas biaya sambil secara umum meningkatkan kualitas layanan. Toko-toko E-commerce membutuhkan jauh lebih sedikit, tetapi karyawan yang sangat terampil. E-commerce juga memungkinkan penghematan biaya persediaan. Semakin cepat input dapat dipesan dan dikirim, semakin sedikit kebutuhan akan inventaris besar. Dampak pada biaya yang terkait dengan penurunan persediaan paling menonjol di industri di mana produk memiliki masa simpan terbatas (misalnya pisang), tunduk pada teknologi yang cepat usang atau penurunan harga (misalnya komputer), atau di mana ada aliran cepat produk baru (mis. buku, musik). Meskipun biaya pengiriman dapat meningkatkan biaya banyak produk yang dibeli melalui perdagangan elektronik dan menambahkan secara substansial pada harga akhir, biaya distribusi secara signifikan dikurangi untuk produk digital seperti layanan keuangan, perangkat lunak, dan perjalanan, yang merupakan segmen e-commerce yang penting.

Meskipun perdagangan elektronik menyebabkan disintermediasi beberapa perantara, ini menciptakan ketergantungan yang lebih besar pada yang lain dan juga beberapa fungsi perantara yang sama sekali baru. Di antara layanan perantara yang dapat menambah biaya untuk transaksi e-commerce adalah iklan, pembayaran online yang aman, dan pengiriman. Kemudahan relatif untuk menjadi pedagang e-commerce dan mendirikan toko menghasilkan begitu banyak penawaran sehingga konsumen dapat dengan mudah kewalahan. Ini meningkatkan pentingnya menggunakan iklan untuk membangun nama merek dan dengan demikian menghasilkan keakraban dan kepercayaan konsumen. Untuk e-commerce baru, proses ini bisa mahal dan mewakili biaya transaksi yang signifikan. Keterbukaan, jangkauan global, dan kurangnya petunjuk fisik yang merupakan karakteristik inheren dari e-commerce juga membuatnya rentan terhadap penipuan dan dengan demikian meningkatkan biaya tertentu untuk pedagang e-commerce dibandingkan dengan toko tradisional. Teknik-teknik baru sedang dikembangkan untuk melindungi penggunaan kartu kredit dalam transaksi e-commerce, tetapi kebutuhan akan keamanan yang lebih besar dan verifikasi pengguna mengarah pada peningkatan biaya. Fitur utama dari e-commerce adalah kenyamanan pembelian yang dikirimkan secara langsung. Dalam kasus tangibles, seperti buku, ini menimbulkan biaya pengiriman, yang menyebabkan harga naik dalam banyak kasus, sehingga meniadakan banyak penghematan yang terkait dengan e-commerce dan secara substansial menambah biaya transaksi. tetapi kebutuhan akan keamanan yang lebih besar dan verifikasi pengguna mengarah pada peningkatan biaya. Fitur utama dari e-commerce adalah kenyamanan pembelian yang dikirimkan secara langsung. Dalam kasus tangibles, seperti buku, ini menimbulkan biaya pengiriman, yang menyebabkan harga naik dalam banyak kasus, sehingga meniadakan banyak penghematan yang terkait dengan e-commerce dan secara substansial menambah biaya transaksi. tetapi kebutuhan akan keamanan yang lebih besar dan verifikasi pengguna mengarah pada peningkatan biaya. Fitur utama dari e-commerce adalah kenyamanan pembelian yang dikirimkan secara langsung. Dalam kasus tangibles, seperti buku, ini menimbulkan biaya pengiriman, yang menyebabkan harga naik dalam banyak kasus, sehingga meniadakan banyak penghematan yang terkait dengan e-commerce dan secara substansial menambah biaya transaksi.

Dengan Internet, e-commerce berkembang pesat menjadi pasar global yang bergerak cepat dan terbuka dengan jumlah peserta yang terus meningkat. Sifat e-commerce yang terbuka dan global kemungkinan akan meningkatkan ukuran pasar dan mengubah struktur pasar, baik dalam hal jumlah dan ukuran pemain dan cara pemain bersaing di pasar internasional. Produk digital dapat melintasi perbatasan secara real time, konsumen dapat berbelanja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan perusahaan semakin dihadapkan dengan persaingan online internasional. Internet membantu memperluas pasar yang ada dengan memotong banyak hambatan distribusi dan pemasaran yang dapat mencegah perusahaan mendapatkan akses ke pasar luar negeri. E-commerce menurunkan informasi dan biaya transaksi untuk beroperasi di pasar luar negeri dan menyediakan cara yang murah dan efisien untuk memperkuat hubungan pelanggan-pemasok. Ini juga mendorong perusahaan untuk mengembangkan cara iklan yang inovatif, memberikan dan mendukung produk dan layanan mereka. Sementara e-commerce di Internet menawarkan potensi untuk pasar global, faktor-faktor tertentu, seperti bahasa, biaya transportasi, reputasi lokal, serta perbedaan dalam biaya dan kemudahan akses ke jaringan, menipiskan potensi ini ke tingkat yang lebih besar atau lebih kecil .

2. Tempat Kerja dan Pasar Tenaga Kerja

Komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan individu untuk berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang saling melengkapi dengan mode tatap muka tradisional, telepon, dan tertulis. Mereka memungkinkan kerja kolaboratif yang melibatkan komunitas aktor terdistribusi yang jarang, jika pernah, bertemu secara fisik. Teknologi ini menggunakan infrastruktur komunikasi yang bersifat global dan selalu maju, sehingga memungkinkan aktivitas 24 jam dan interaksi tidak sinkron serta sinkron antara individu, kelompok, dan organisasi. Interaksi sosial dalam organisasi akan dipengaruhi oleh penggunaan komputer dan teknologi komunikasi. Hubungan antar rekan di lintas departemen akan ditingkatkan melalui berbagi informasi dan koordinasi kegiatan.

Bahwa pentingnya jarak akan dikurangi oleh komputer dan teknologi komunikasi juga mendukung telecommuting, dan dengan demikian, memiliki implikasi pada pola tempat tinggal warga. Ketika pekerja menemukan bahwa mereka dapat melakukan sebagian besar pekerjaan mereka di rumah daripada di tempat kerja yang terpusat, permintaan akan rumah di daerah yang menarik secara iklim dan fisik akan meningkat. Konsekuensi dari pergeseran pekerjaan seperti itu dari pinggiran kota ke daerah yang lebih terpencil akan sangat besar. Nilai properti akan naik di tujuan yang disukai dan jatuh di pinggiran kota. Aspek-aspek kehidupan, pedesaan, atau menawan dari lingkungan dan lingkungan di daerah-daerah yang baru menarik akan terancam. Karena sebagian besar telecommuter akan berada di antara yang berpendidikan lebih baik dan dibayar lebih tinggi, permintaan di area ini untuk layanan berpenghasilan tinggi dan berstatus tinggi seperti restoran gourmet dan butik pakaian akan meningkat. Juga akan ada perluasan layanan dari semua jenis, menciptakan dan memperluas peluang kerja bagi penduduk lokal.

Dengan mengurangi biaya tetap untuk pekerjaan, telecommuting yang luas harusnya membuat individu lebih mudah bekerja dengan jadwal yang fleksibel, bekerja paruh waktu, berbagi pekerjaan, atau memiliki dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Karena berganti majikan tidak perlu mengubah tempat tinggal seseorang, telecommuting harus meningkatkan mobilitas pekerjaan dan mempercepat kemajuan karier. Peningkatan fleksibilitas ini juga dapat mengurangi stres kerja dan meningkatkan kepuasan kerja. Karena stres kerja adalah faktor utama yang mengatur kesehatan, mungkin ada manfaat tambahan dalam bentuk berkurangnya biaya kesehatan dan tingkat kematian. Di sisi lain orang mungkin juga berpendapat bahwa teknologi, dengan memperluas jumlah tugas berbeda yang diharapkan dari pekerja dan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas ini,

Pertanyaan yang lebih sulit dijawab adalah tentang dampak komputer dan komunikasi terhadap pekerjaan. Kemampuan komputer dan komunikasi untuk melakukan tugas-tugas rutin seperti pembukuan lebih cepat daripada manusia menyebabkan kekhawatiran bahwa orang akan digantikan oleh komputer dan komunikasi. Tanggapan terhadap argumen ini adalah bahwa bahkan jika komputer dan komunikasi mengarah pada penghapusan beberapa pekerja, pekerjaan lain akan tercipta, khususnya bagi para profesional komputer, dan bahwa pertumbuhan dalam output akan meningkatkan kesempatan kerja secara keseluruhan. Lebih mungkin bahwa komputer dan komunikasi akan mengarah pada perubahan jenis pekerja yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang berbeda daripada perubahan dalam total pekerjaan.

Sejumlah industri dipengaruhi oleh perdagangan elektronik. Sektor distribusi terpengaruh secara langsung, karena e-commerce adalah cara memasok dan mengirimkan barang dan jasa. Industri lain, yang terkena dampak tidak langsung, adalah yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi (infrastruktur yang memungkinkan e-commerce), industri terkait konten (hiburan, perangkat lunak), industri terkait transaksi (sektor keuangan, periklanan, perjalanan, transportasi). eCommerce juga dapat menciptakan pasar baru atau memperluas jangkauan pasar di luar batas tradisional. Memperbesar pasar akan berdampak positif pada pekerjaan. Masalah penting lainnya terkait dengan keterkaitan antar kegiatan yang dipengaruhi oleh e-commerce. Pengeluaran untuk barang dan jasa antara yang berhubungan dengan e-commerce akan menciptakan pekerjaan secara tidak langsung, berdasarkan volume transaksi elektronik dan pengaruhnya terhadap harga, biaya, dan produktivitas. Konvergensi teknologi media, telekomunikasi dan komputasi menciptakan rantai pasokan terintegrasi baru untuk produksi dan pengiriman konten multimedia dan informasi. Sebagian besar pekerjaan terkait dengan e-commerce di sekitar industri konten dan infrastruktur komunikasi seperti Internet.

Pekerjaan diciptakan dan dihancurkan oleh teknologi, perdagangan, dan perubahan organisasi. Proses-proses ini juga mendasari perubahan dalam komposisi keterampilan pekerjaan. Di luar keuntungan atau kerugian lapangan kerja yang disebabkan oleh faktor-faktor ini, tampak jelas bahwa pekerja dengan tingkat keterampilan yang berbeda akan terpengaruh secara berbeda. E-commerce memang mendorong permintaan untuk profesional TI tetapi juga membutuhkan keahlian TI untuk digabungkan dengan keterampilan aplikasi bisnis yang kuat, sehingga menghasilkan permintaan untuk tenaga kerja yang fleksibel dan multi-terampil. Ada kebutuhan yang meningkat untuk peningkatan integrasi aplikasi front-end Internet dengan operasi perusahaan, aplikasi dan database back-end. Banyak persyaratan keterampilan TI yang diperlukan untuk dukungan Internet dapat dipenuhi oleh pekerja TI bergaji rendah yang dapat menangani layanan organisasi yang diperlukan untuk pemrograman halaman web dasar. Namun, jaringan area luas, situs web kompetitif, dan aplikasi jaringan yang kompleks membutuhkan lebih banyak keterampilan daripada pekerjaan TI platform spesifik. Karena keterampilan yang diperlukan untuk e-commerce jarang dan dalam permintaan tinggi, e-commerce mungkin mempercepat tren peningkatan keterampilan di banyak negara dengan mewajibkan ilmuwan komputer berketerampilan tinggi untuk mengganti pegawai informasi berketerampilan rendah, kasir, dan penjual pasar.

3. Pendidikan

Kemajuan teknologi informasi akan mempengaruhi keterampilan mengajar dengan melengkapi daripada menghilangkan instruksi kelas tradisional. Memang instruktur yang efektif bertindak dalam campuran peran. Dalam satu peran instruktur adalah pemasok layanan kepada siswa, yang mungkin dianggap sebagai pelanggannya. Tetapi instruktur yang efektif menempati peran lain juga, sebagai pengawas siswa, dan memainkan peran dalam memotivasi, mendorong, mengevaluasi, dan mengembangkan siswa. Untuk topik apa pun akan selalu ada persentase kecil siswa dengan latar belakang yang diperlukan, motivasi, dan disiplin diri untuk belajar dari buku kerja serba mandiri atau instruksi yang dibantu komputer. Namun, bagi sebagian besar siswa, kehadiran instruktur langsung akan terus jauh lebih efektif daripada rekan yang dibantu komputer dalam memfasilitasi hasil pendidikan yang positif. Potensi terbesar untuk teknologi informasi baru terletak pada peningkatan produktivitas waktu yang dihabiskan di luar kelas. Membuat solusi untuk set masalah dan bahan bacaan yang ditugaskan tersedia di Internet menawarkan banyak kenyamanan. E-mail sangat menyederhanakan komunikasi antara siswa dan fakultas dan di antara siswa yang mungkin terlibat dalam proyek kelompok. Kemajuan teknologi informasi akan mempengaruhi keterampilan mengajar dengan melengkapi daripada menghilangkan instruksi kelas tradisional. Memang instruktur yang efektif bertindak dalam campuran peran. Dalam satu peran instruktur adalah pemasok layanan kepada siswa, yang mungkin dianggap sebagai pelanggannya. Tetapi instruktur yang efektif menempati peran lain juga, sebagai pengawas siswa, dan memainkan peran dalam memotivasi, mendorong, mengevaluasi, dan mengembangkan siswa. Untuk topik apa pun akan selalu ada persentase kecil siswa dengan latar belakang yang diperlukan, motivasi, dan disiplin diri untuk belajar dari buku kerja serba mandiri atau instruksi yang dibantu komputer. Namun, bagi sebagian besar siswa, kehadiran instruktur langsung akan terus jauh lebih efektif daripada rekan yang dibantu komputer dalam memfasilitasi hasil pendidikan yang positif. Potensi terbesar untuk teknologi informasi baru terletak pada peningkatan produktivitas waktu yang dihabiskan di luar kelas. Membuat solusi untuk set masalah dan bahan bacaan yang ditugaskan tersedia di Internet menawarkan banyak kenyamanan.

Meskipun pembelajaran jarak jauh telah ada selama beberapa waktu, Internet memungkinkan perluasan cakupan dan pengiriman instruksi yang lebih baik. Teks dapat dikombinasikan dengan audio / video, dan siswa dapat berinteraksi secara waktu nyata melalui email dan grup diskusi. Perbaikan teknis semacam itu bertepatan dengan permintaan umum untuk pelatihan ulang oleh mereka yang, karena tuntutan pekerjaan dan keluarga, tidak dapat mengikuti kursus tradisional. Pembelajaran jarak jauh melalui Internet kemungkinan akan melengkapi sekolah-sekolah yang ada untuk anak-anak dan mahasiswa, tetapi bisa memiliki efek substitusi yang lebih besar untuk melanjutkan program pendidikan. Untuk beberapa program gelar, lembaga prestise tinggi dapat menggunakan reputasi mereka untuk menarik siswa yang akan menghadiri fasilitas lokal. Karena kemudahan akses dan kenyamanan Internet untuk pembelajaran jarak jauh,

Seperti yang ditunjukkan pada bagian sebelumnya, keterampilan tingkat tinggi sangat penting dalam ekonomi berbasis teknologi dan pengetahuan intensif. Perubahan yang terkait dengan kemajuan teknologi yang cepat di industri telah membuat peningkatan keterampilan profesional secara terus-menerus menjadi kebutuhan ekonomi. Tujuan pembelajaran seumur hidup hanya dapat dicapai dengan memperkuat dan mengadaptasi sistem pembelajaran yang ada, baik di sektor publik maupun swasta. Tuntutan untuk pendidikan dan pelatihan menyangkut berbagai teknologi modern. Teknologi informasi secara unik mampu menyediakan cara untuk memenuhi permintaan ini. Pelatihan online melalui internet berkisar dari mengakses kursus belajar mandiri hingga menyelesaikan ruang kelas elektronik. Program pelatihan berbasis komputer ini memberikan fleksibilitas dalam perolehan keterampilan dan lebih terjangkau dan relevan daripada seminar dan kursus yang lebih tradisional.

4. Kehidupan Pribadi dan Masyarakat

Peningkatan representasi berbagai konten dalam bentuk digital menghasilkan duplikasi dan distribusi informasi yang lebih mudah dan lebih murah. Ini memiliki efek campuran pada penyediaan konten. Di satu sisi, konten dapat didistribusikan dengan biaya satuan yang lebih rendah. Di sisi lain, distribusi konten di luar saluran yang menghormati hak kekayaan intelektual dapat mengurangi insentif pembuat dan distributor untuk memproduksi dan menyediakan konten di tempat pertama. Teknologi informasi menimbulkan sejumlah pertanyaan tentang perlindungan kekayaan intelektual dan perangkat serta peraturan baru harus dikembangkan untuk menyelesaikan masalah ini.

Banyak masalah juga seputar kebebasan berbicara dan regulasi konten di Internet, dan masih ada panggilan untuk mekanisme untuk mengontrol konten yang tidak pantas. Namun sangat sulit untuk menemukan solusi yang masuk akal. Berurusan dengan materi yang tidak senonoh melibatkan pemahaman tidak hanya pandangan tentang topik tersebut tetapi juga evolusi mereka dari waktu ke waktu. Selain itu, teknologi yang sama yang memungkinkan untuk mengubah konten sehubungan dengan kesopanan dapat digunakan untuk menyaring pidato politik dan membatasi akses ke materi politik. Jadi, jika penyensoran tampaknya tidak menjadi suatu pilihan, solusi yang mungkin mungkin adalah pelabelan. Idenya adalah bahwa konsumen akan mendapat informasi lebih baik dalam keputusan mereka untuk menghindari konten yang tidak pantas.

Peningkatan pesat dalam daya komputasi dan komunikasi telah menimbulkan keprihatinan besar tentang privasi baik di sektor publik maupun swasta. Penurunan biaya penyimpanan data dan pemrosesan informasi memungkinkannya bagi perusahaan penambangan data pemerintah dan swasta untuk mengumpulkan dokumen terperinci tentang semua warga negara. Tidak ada yang tahu siapa yang saat ini mengumpulkan data tentang individu, bagaimana data ini digunakan dan dibagikan, atau bagaimana data ini dapat disalahgunakan. Kekhawatiran ini menurunkan kepercayaan konsumen pada institusi dan komunikasi online dan, dengan demikian, menghambat pengembangan perdagangan elektronik. Suatu pendekatan teknologi untuk melindungi privasi mungkin dengan kriptografi walaupun dapat diklaim bahwa kriptografi menghadirkan hambatan serius bagi investigasi kriminal.

Ini adalah kebijaksanaan populer bahwa orang saat ini menderita kelebihan informasi. Banyak informasi yang tersedia di Internet tidak lengkap dan bahkan salah. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk menyerap informasi yang tidak relevan hanya karena tersedia dan mereka pikir mereka harus mengetahuinya. Oleh karena itu, harus dipelajari bagaimana orang memberikan kredibilitas pada informasi yang mereka kumpulkan untuk menemukan dan mengembangkan sistem kredibilitas baru untuk membantu konsumen mengelola informasi yang berlebihan.

Kemajuan teknologi pasti menciptakan ketergantungan pada teknologi. Memang penciptaan infrastruktur vital memastikan ketergantungan pada infrastruktur itu. Karena dunia sekarang tergantung pada transportasi, telepon, dan infrastruktur lainnya, dunia akan bergantung pada infrastruktur informasi yang muncul. Ketergantungan pada teknologi dapat membawa risiko. Kegagalan dalam infrastruktur teknologi dapat menyebabkan runtuhnya fungsi ekonomi dan sosial. Pemadaman layanan telepon jarak jauh, sistem data kredit, dan sistem transfer dana elektronik, dan layanan komunikasi dan pemrosesan informasi vital lainnya seperti itu tidak diragukan lagi akan menyebabkan gangguan ekonomi yang meluas. Namun, mungkin tidak mungkin untuk menghindari ketergantungan teknologi. Karena itu,

Revolusi komputasi dan komunikasi yang sedang berlangsung memiliki banyak dampak ekonomi dan sosial pada masyarakat modern dan membutuhkan penyelidikan ilmu sosial yang serius untuk mengelola risiko dan bahayanya. Pekerjaan semacam itu akan berharga untuk kebijakan sosial dan desain teknologi. Keputusan harus diambil dengan hati-hati. Banyak pilihan yang dibuat sekarang akan mahal atau sulit untuk dimodifikasi di masa depan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel