3 Dampak YouTube Merajalela

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat di dunia, saat ini membuat adannya kemajuan ilmu pengetahuan juga. Tak heran jika saat ini semua yang berkaitan dengan pendidikan dikaitkan dengan teknologi. Bahkan ujian Nasional  di Indonesia saat ini telah berbasis teknologi atau yang sering disebut sebagai CAT.


Jadi, ujian nasional di Indonesia saat ini menggunakan komputer untuk meminimalisir kertas yang didistribusikan dan untuk menanggulangi besarnya biaya penggunaan kertas. Walaupun kemajuan teknologi berdampak positif bagi masyarakat namun ternyata ada dampak negatif teknologi bagi masyarakat pula.

Tau kah Anda mengenai YouTube? Pasti Anda mengetahui salah satu media sosial yang saat ini sedang booming-booming nya di telinga masyarakat dunia khususnya Indonesia. Media sosial ini memang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Bagaimana tidak? Semua hal entah itu video ataupun apa, yang dapat kita tonton dimasukkan atau di upload ke YouTube. Bahkan acara televisi yang telah berlalu dapat kita tonton

kembali di YouTube. Informasi-informasi dunia yang dapat kita lihat atau visual kan bisa dengan mudah dilihat di YouTube. Walaupun begitu, tahukah Anda bahwa YouTube juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan Anda terutama bagi anak Anda. Inilah dampak YouTube bagi kehidupan Anda.

1. Konten YouTube bebas

Bagi Anda pengguna YouTube Anda pasti tahu bahwa YouTube memiliki konten yang bebas dapat diakses oleh siapapun dan tidak ada batasannya. Namun, ini sangat berbahaya bagi anak-anak Anda yang melihat hal yang seharusnya belum mereka lihat. Kemudahan untuk mencari berbagai macam video di YouTube memang sangat berbahaya jika disuguhkan untuk anak-anak. Jadi, bagi para orang tua harus benar-benar memperhatikan kelakuan anak Anda. 

2. Menghabiskan banyak kuota

Bagi Anda yang tidak mempermasalahkan uang pasti untuk soal kuota internet pasti tidak masalah. Namun, bagi Anda seorang pelajar ataupun mahasiswa pasti akan berfikir dua kali jika ingin main YouTube. Karena media sosial ini memang membutuhkan kuota yang tidak sedikit jika ingin memainkannya.

3. Pengaruh buruk terhadap Anak

Walaupun di YouTube banyak sekali konten konten positif tapi banyak juga konten negatif yang dapat membuat anak Anda terpengaruh. Adanya vlog di YouTube membuat banyak orang membuat vlog dan diupload ke YouTube. dan di dalam vlog tersebut berisi opini opini ataupun kehidupan kehidupan orang tersebut yang seringkali mereka menggunakan bahasa tidak baku karena memang itu dibuat untuk kehidupan mereka.

Bahasa yang tidak baku ini jika terdengar oleh anak-anak pasti mereka akan menirunya dan inilah yang membuat anak-anak sering berkata yang tidak semestinya atau berkata kasar. Tidak hanya itu, saat anak anda sedang menonton YouTube pasti mereka akan lupa akan kewajiban mereka seperti ibadah, belajar ataupun makan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel