4 Tips Mengamankan Data Pribadi dari Pencurian oleh Aplikasi

Sosial media bukanlah hal yang asing lagi di era modern seperti sekarang ini. Baik dari kalangan dewasa, remaja, orang tua, bahkan anak-anak sudah tau cara menggunakan sosial media. Saat kita awal menggunakan sosial media pasti kita harus membuat akun bukan? Dan dalam pembuatan akun tersebut tentunya kita harus mengisi data diri pribadi kita.


Namun akhir-akhir ini banyak sekali kasus tentang pencurian data pribadi seseorang melalui aplikasi atau sosial media. Lalu bagaimana cara kita agar data pribadi kita tetap aman dari para pencuri? Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk menghindari pencurian data di aplikasi atau sosial media.

1. Perhatikan Ijin Aplikasi

Ini adalah cara paling dasar untuk menghindari pencurian data melalui aplikasi. Coba perhatikan dahulu ijin aplikasi sebelum anda mendownloadnya. Anda perlu kritis dan berfikir apakah relevan saat aplikasi melakukan permintaan ijin dengan fungsi aplikasi tersebut. Ketika anda menemukan kejanggalan langsung batalkan pengunduhan.

2. Teliti Aplikasi serta Perusahaan Pembuatnya

Jika anda masih belum percaya seutuhnya dengan aplikasi yang ingin anda unduh, anda bisa melihat perusahaan pembuatnya, apakah perusahaan tersebut kerdibel atau tidak. Anda bisa menulis nama developer atau perusahaan pembuatnya di browser anda, disana anda dapat melihat apakah perusahaan itu dapat dipercaya atau tidak. Kalau memang tidak meyakinkan, anda dapat mengunduh aplikasi dari developer atau perusahaan lain yang memiliki fungsi sama seperti aplikasi tersebut.

3. Unduh Aplikasi di Playstore atau Appstore
Untuk menghindari pencurian data selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi di playstore bagi penggunan android, dan Appstore bagi pengguna iOS. Memang kita tidak bisa 100% percaya pada aplikasi yang ada di playsore maupun di appstore, namun setidaknya di sana lebih baik daripada kita mengunduh diluar appstore atau playstore.

Disisi lain, pengunduhan aplikasi di website tak resmi rawan akan ransomware, malware, spyware maupun virus trojan yang dapat menginveksi perangkat anda. Bahkan peretas bisa sampai mengambil alih secara penuh perangkat kita.

4. Gunakan Password Manager

Jika anda mempunyai banyak akun, jangan sekali kali menggunakan kata sandi yang sama di semua akun. Karena jika salah satu akun kita diretas orang, maka besar kemungkinannya akun lain kita dapat diretas juga. Dan hal terburuk yang dapat terjadi adalah akun kita di gunakan oleh orang lain untuk melakukan hal tidak baik dan tak bertanggung jawab sedangkan dia menggunakan akun kita.

Kata sandi yang kuat adalah dengan mengkombinasikan antara huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol. Namun sayangnya kata sandi yang menggunakan kombinasi tersebut sangatlah susah untuk diingat. Oleh karena itu anda bisa menggunakan password manager.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel